Rahasia Kenaikan Karir!

careerDari jaman revolusi industry hingga era digital sekarang, banyak orang yang merasa frustasi karena tidak mengalami kenaikan karir yang baik. Padahal dari sisi keahlian, mungkin justru lebih ahli daripada orang yang jabatannya baru saja dinaikkan lebih tinggi.
Kenaikan Karir Tidak Hanya Didapat Kerena Kepandaian Semata

Saya teringat seorang teman saya Joko (nama samaran). Kami sering bertukar pikiran mengenai berbagai situasi atau masalah yang muncul dalam pekerjaan. Suatu saat si Joko teman saya, mulai berkeluh kesah mengenai masalah di pekerjaannya. Beliau adalah kepala bagian produksi dan sering mendapat masalah dari pemasaran-hubungan-masyarakat serta tekanan dari atasan. Masalah itu akhirnya terselesaikan setelah berkali-kali melalui dibahas pada pertemuan-pertemuan yang cukup alot menurutnya. Tidak lama kemudian, timbullah masalah baru lagi. Teman saya Joko merasa kecewa karena jabatannya susah naik, padahal menurut dia, hasil pekerjaannya sangat bagus dan termasuk karyawan yang loyal terhadap perusahaan.

Sebagai seorang teman saya membantu memberikan beberapa saran, tapi menurutnya sudah dilakukan semua. Sampai akhirnya selang beberapa lama, ketika saya sedang bersantai. Tiba-tiba saya menyadari bahwa teman Joko memiliki masalah, yaitu tidak dapat mempresentasikan dirinya dengan baik dihadapan orang lain. Walaupun pandai dan rajin, namun dia agak kaku dalam berkomunikasi. Hal ini tidak membuat dirinya terlihat menonjol oleh atasannya, sehingga tak mendapat kesempatan karir yang lebih baik.

Dalam dunia bisnis, kepandaian, loyalitas dan kejujuran masih terasa belum lengkap bila tidak ditunjang dengan kemampuan komunikasi dan sosial yang baik. Dalam perusahaan-perusahaan besar, sering kali mereka yang berpenampilan atau memiliki komunikasi yang baik, lebih bernasib baik dibanding dengan mereka yang mengandalkan kemampuan teknis. Inilah sebabnya E.Q. lebih penting dari I.Q. Kemampuan dalam mempresentasikan diri di depan orang lain, dipengaruhi pada kemampuan E.Q. masing-masing orang. Saran saya, kembangkanlah kemampuan dalam presentasi untuk menunjang karir!

Sukses untuk anda !

Leave a Reply